Apple Kembangkan Prosesor Sendiri untuk iPhone 4G?


SEOUL - Penampakan foto iPhone 4G menyebar dengan cepat di internet. Tak pelak, kehadiran terbaru dari ponsel cerdas besutan Apple ini sukses menjadi perbincangan banyak orang. Kebanyakan dari mereka penasaran dengan teknologi terbaru yang disematkan di handset ini.

Baru-baru ini sebuah rumor berhembus dengan kencang, yang menyebutkan bahwa Apple merencanakan untuk menggunakan prosesor aplikasi (AP) hasil kembangan perusahaan itu sendiri pada iPhone 4G-nya. Keputusan ini tentu saja berdampak negatif terhadap Samsung, yang selama ini diberikan 'mandat' untuk mengerjakan AP bagi iPhone 3G.

"Selama ini produk iPhone telah menggunakan jasa Samsung Electronics dalam memproduksi AP yang sebagian dirancang oleh para insinyur Apple," kata pejabat eksekutif di Samsung kepada The Korea Times, Selasa (20/4/2010).

"Tapi Apple telah memutuskan untuk menggunakan AP kembangan mereka sendiri untuk model 4G-nya," tambahnya.

Memang, Apple telah menggelar sebuah chip indigenously A4, yang dirancang dalam iPad yang telah lama ditunggu-tunggu. AP produksi Apple tersebut tak terlepas dari akuisisi perusahaan PA Semi pada tahun 2008 silam.

"Tindakan Apple untuk menempatkan prosesor sendiri dalam produk merupakan pukulan telak bagi sistem bisnis Samsung," jelas analis Prudential Park Hyun.

"Namun secara keseluruhan, itu tidak akan membuat penurunan laba dalam bisnis semikonduktor Samsung karena adanya suasana optimis di pasar chip global," tambahnya.
(tyo)

by : okezone.com

Berlangganan Artikel Gratis

Berlangganan Artikel Blog Dan Bisnis Online Tiap Hari

Delivered by FeedBurner