Google Gunakan Sistem Index Baru


Tidak hanya memperbaharui layanan email dan chat, Google pun dikabarkan telah memperbaharui sistem indexing web mereka. Sistem tersebut diberi nama Caffeine.

Dilansir melalui CDR Info, Kamis (10/6/2010), perubahan web indexing system ini dilakukan untuk kenyaman pelanggan, dengan hasil pencarian yang lebih baru. Pasalnya, Caffeine menyediakan sekira 50 persen hasil pencarian yang lebih baru ketimbang index Google yang sebelumnya.

Nantinya, hasil pencarian tidak hanya didapat melalui portal berita maupun situs, melainkan juga mengikutsertakan blog dan postingan forum. Bahkan pengguna akan mendapatkan hasil pencarian yang relevan dengan konten dengan waktu postingan yang lebih baru.

Sebelumnya, sistem index Google diambil dengan mengambil bagian-bagian kecil dari web setiap harinya, meng-index-kannya untuk kemudian memunculkan ke dalam hasil pencarian. Dengan Caffeine, Google menjelajahi seluruh web dan menemukan informasi baru, untuk kemudian di-index-kan sesegera mungkin.

Index lama Google terdiri dari beberapa tingkatan. Sebagian level diperbaharui dengan cepat daripada tingkatan lainnya, sedangkan tingkatan utama akan di update setiap beberapa minggu sekali. Untuk memperbaharui tingkatan dari index lama, Google akan menganalisa seluruh web. Artinya, akan ada jeda dalam waktu yang signifikan untuk menemukan halaman hasil pencarian hingga memunculkannya ke hadapan pengguna.

Dengan Caffeine, Google menganalisa web dalam ukuran yang kecil dan meng-update index pencariannya secara berkesinambungan. Ketika Google menemukan halaman atau informasi baru maka hal itu akan langsung diarahkan untuk muncul ke index.

Setiap detik, Caffeine memproses ratusan hingga ribuan halaman secara paralel. Caffeine membutuhkan sekira 100 juta gigabytes storage dalam satu database dan menambahkan informasi baru dengan kapasitas ratusan hinggan ribuan gigabytes per hari.

Berlangganan Artikel Gratis

Berlangganan Artikel Blog Dan Bisnis Online Tiap Hari

Delivered by FeedBurner