BlackBerry Bisa Telepon via Wi-fi


VIVAnews - Research In Motion (RIM), produsen perangkat sekaligus penyedia layanan BlackBerry asal Kanada, telah memperbaharui sistem layanan suaranya atau Mobile Voice System (MVS) yang memungkinkan pelanggan menggunakan telepon dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi.

Dikutip VIVAnews dari laman Xinhua, Selasa 27 April 2010, pembaharuan yang merupakan buah kerja sama RIM dan Cisco Unified Communications Manager tersebut membolehkan pengguna menggunakan telepon melalui BlackBerry yang ditandai dengan kehadiran Mobile Voice System 5.

Hal tersebut bisa dilakukan baik melalui perangkat BlackBerry yang memakai layanan BlackBerry Enterprise Server (BES) maupun perangkat BlackBerry yang memakai layanan BlackBerry Internet Service (BIS), selama dibolehkan tersambung dengan jaringan Wi-Fi yang bersangkutan.

"Pada BlackBerry Mobile Voice System 5 tersedia fungsi ekstensi nirkabel dari sistem telepon perusahaan yang memungkinkan layanan suara tersambung melalui jaringan Wi-Fi, baik di kantor, hotspot publik, dan rumah," ujar Alan Panezic, vice president of platform product management RIM.

Menanggapi inovasi baru dari RIM ini, seorang analis senior dari IDC, Ramon T Llamas mengatakan, fitur Wi-Fi ini akan sangat membantu pengguna dalam efisiensi pengeluaran. "Jika Anda seorang karyawan perusahaan dengan layanan BES, Anda bisa bepergian dari kampus ke kampus, di mana terdapat konektivitas Wi-Fi gratis di sana. Anda akan menghemat uang dan menit (bagi pascabayar) lebih besar," katanya.

Selain telepon melalui Wi-fi, MVS 5 juga bisa menentukan mana yang lebih prioritas, antara untuk panggilan komunikasi selular maupun Wi-fi. Selain itu, ia dapat mengontrol nomor-nomor mana saja yang bisa mengakses jaringan Wi-fi-nya untuk telepon, serta memfilter panggilan yang lalu lalang di jaringan tersebut.

Sekadar informasi, BlackBerry MVS 5 ini baru akan hadir mulai akhir tahun ini. (hs)

by : vivanews.com

Berlangganan Artikel Gratis

Berlangganan Artikel Blog Dan Bisnis Online Tiap Hari

Delivered by FeedBurner