Mobil Curian Ditemukan via Facebook


WASHINGTON - Situs jejaring sosial telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat zaman sekarang. Bagi tim kepolisian di Down Utara, situs jejaring sosial Facebook menjadi cara unik untuk menyelesaikan kasus kriminal secara online.

Melalui Facebook, tim kepolisian ini berhasil menemukan mobil yang dicuri setelah mereka memposting berbagai informasi kriminal pada laman Facebook mereka.

Dilansir BBC, Rabu (28/4/2010), akun grup yang telah memiliki 738 anggota tersebut, membantu menemukan mobil yang dicuri pada pekan ini. Sebua Vauxhall Corsa berwarna merah dicuri saat tengah diparkir di halaman rumah pemiliknya di wilayah Priory End, Holywood, tiga hari lalu.

Keesokan harinya, seseorang yang membaca informasi pada laman grup Facebook milik kepolisian Down Utara segera mengontak polisi bahwa mereka menemukan mobil dengan ciri-ciri sangat mirip dengan yang diberitakan.

Inspektur Polisi Bobby Singleton mengaku sangat senang dengan dampak positif dari keberadaan laman grup Facebook mereka, dengan banyak komunitas yang menjadi anggotanya.

"Sekali lagi, hal ini menggarisbawahi keefektifan interaksi bertetangga antara publik dan polisi," ujarnya.

Dia menambahkan, melalui Facebook, pihaknya bisa mengembangkan kontak dengan orang-orang yang benar-benar memiliki minat dalam penegakan hukum.

"Kami bisa menyediakan informasi yang relevan untuk membantu orang-orang agar tetap merasa aman," ujarnya.

Ini bukan pertamakalinya Facebooker turut membantu mengawasi kasus kriminal melalui akun Facebook milik kepolisian Down. Bulan lalu, sebuah sepeda yang dicuri berhasil ditemukan setelah diumumkan pada akun tersebut. (rah)

by :okezone.com

Berlangganan Artikel Gratis

Berlangganan Artikel Blog Dan Bisnis Online Tiap Hari

Delivered by FeedBurner