Tips Flashing Alternatif Pada Nokia N900


Bagi yang sudah akrab dengan ponsel Nokia, pasti tak kesulitan saat melakukan flashing atau install ulang. Unduh Nokia software updater, dan permasalahan pun selesai. Nah, khusus untuk N900 perlakuannya sedikit berbeda.

Mungkin salah satu keuntungan dari Nokia N900 dengan platform Maemo nya adalah kemampuan upgrade firmware secara nirkabel, atau biasa disebut Over The Air (OTA). Disamping lebih cepat, cara ini juga lebih aman saat pengguna melakukannya secara mobile.

Bagi pengguna yang gemar mengutak-atik gadget, berikut ini adalah cara alternatif yang dapat digunakan untuk melakukan flash pada N900. Namun ingat, tips ini dikembangkan oleh pihak ketiga. Nokia sendiri tak merekomendasikan hal ini.

Perlu diingat, resiko terburuk dari flashing adalah ponsel mati total jika prosesnya gagal (putus di tengah jalan). Jadi, pastikan dulu baterai ponsel dalam keadaan penuh. Jika sudah, siapkan mental dan ikut langkah-langkah yang diambil dari blog Maemofanatics berikut.

Langkah 1:

Unduh link berikut, http://tablets-dev.nokia.com/maemo-dev-env-downloads.php, untuk mendapatkan aplikasi bernama Maemo Flasher 3.5. Aplikasi ini berfungsi mem-flash ponsel kita, tergantung OS yang kita gunakan. Bisa Windows, Mac atau Linux. Jadi pilihlah versi flasher, sesuai OS yang digunakan. Setelah selesai segera install aplikasi tersebut.



Langkah 2:

Akses link berikut, http://tablets-dev.nokia.com/nokia_N900.php. Kemudian masukan nomor IMEI yang tertera pada N900 (dapat dilihat di setting >> about product). Setelah itu kita akan diberi pilihan mengunduh firmware terbaru pada Nokia N900



Langkah 3:

Unduh pilihan firmware terbaru dari beberapa firmware yang ada. Sebaiknya pilih firmware bertuliskan Global release, dibanding mengalami permasalahan layout keyboard yang berbeda di tiap negara.



Langkah 4:

Sambungkan kabel USB untuk menghubungkan Nokia N900 dengan PC. Pastikan N900 terkoneksi dengan PC (untuk Windows dapat dilihat pada devices and printers).


Langkah 5:

Jika sudah terkoneksi, ikuti langkah berikut. Ini adalah bagian paling penting:
  • Matikan N900
  • Tekan dan tahan tombol 'U'
  • Saat kabel USB terkoneksi, N900 akan mengirimkan tanda di sisi kanan atas, sebagai tanda siap di flash.
  • Lepas tombol 'U'

Langkah 6:

Buka Maemo Flasher 3.5. Defaultnya ada pada Start -> All Programs -> Maemo -> Maemo Flasher 3.5


Langkah 7:

Ingat hasil unduhan firmware pada langkah ke-2? Segera pindahkan file hasil unduhan ke folder yang sama dengan aplikasi Maemo Flasher 3.5.


Langkah 8:

Saat file image telah dipindah ke folder yang sama dengan Maemo Flasher 3.5, ketik perintah berikut. Ini adalah contoh file hasil unduhan yang dilakukan detikINET, "flasher-3.5 -F RX-51_2009SE_3.2010.02-8_PR_COMBINED_MR0_ARM.bin -f -R" (catatan penting: jangan salah memasukan perintah, atau flasher takkan bekerja).



Langkah 9:

Jika delapan langkah diatas dilakukan dengan benar, Maemo Flasher 3.5 akan langsung bekerja. Dalam rentang waktu 3-5 menit, proses installasi akan selesai. Setelah itu ponsel akan me-restart sendiri, dan Nokia N900 kembali ke settingan awal. Setelah itu baru putuskan koneksi ponsel dengan PC.

Selamat Mencoba !

by :detiknews

Berlangganan Artikel Gratis

Berlangganan Artikel Blog Dan Bisnis Online Tiap Hari

Delivered by FeedBurner