Cara Analisa Kecepatan Loading Blog

Seperti kita ketahui, performa sebuah blog sangat di tentukan oleh beberapa hal, seperti template yang menarik, isi postingan, dan kecepatan loading blog. Template yang cantik dan isi artikel yang menarik akan menjadi sia-sia jika loading blog sangat lambat. Karena saya sendiri pernah mendapat kritik dari sobat blogger di kotak chat box, yang mengatakan bahwa loading blog saya terlalu berat, “coba anda kurangi java script di blog anda”. Sebuah kritik berharga dan sampai sekarang masih saya ingat.

Ada beberapa cara untuk mengurangi loading blog kita, seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya, yaitu dengan kompres css dan menyimpan css di hosting. Dengan meminimalisasi css dan javascript, blog yang tadinya lambat akan berubah menjadi lebih cepat. Dan usahakan untuk menghindari pemakaian javascript di bagian header, karena jika situs dari javascript yang sobat gunakan sedang down, maka loading blog sobat akan menjadi sangat lambat. Karena saya sendiri mengalaminya beberapa hari yang lalu, ketika situs dari script kode iklan yang saya gunakan sedang lambat, sehingga loading blog saya ikut-ikutan jadi lambat.

Dibawah ini ada beberapa tools yang bisa sobat gunakan untuk mengukur kecepatan blog sobat. Pembacaannya berupa angka dari bagian-bagian blog sobat, mulai dari html, html image, css image, javascript, css, multimedia, dll. Semuanya terbaca dalam satuan kb. Bandingkan semua tools dibawah ini, karena setiap tools mempunyai tingkat akurasi yang berbeda-beda.

  1. Website Optimization

    image

  2. Free Speed Test

    image

  3. Aptimize

    image

  4. Tools Pingdom

    image

Empat situs diatas akan memberikan hasil yang berbeda-beda. Jangan jadikan satu patokan saja, karena itu coba satu-persatu sebagai pembanding. Semoga tips ini berguna dan menjadi bahan pertimbangan buat sobat dalam penggunaan css dan javascript di template sobat.

Berlangganan Artikel Gratis

Berlangganan Artikel Blog Dan Bisnis Online Tiap Hari

Delivered by FeedBurner